Konsolidasi
Forum Budata
Dieng 11 Feb 2020, Pertemuan Pemerhati Budaya, Seni, Tradisi dan Kebangsaan.

Atas prakarsa bersama, sekelompok individu pemerhati masalah Kebangsaan, Budaya, Seni dan Tradisi berkumpul di Dieng pada 11 Februari 2020 untuk menselaraskan Visi dan Misi bersama dalam berperan serta membangun Nusantara bagi kesejahteraan warga berdasar sikap Welas Asih Tanpo Wates.

Masa millenial pun tiba, geliat berbagai perubahan menandai pergantian jaman. Pergulatan budaya dan pemikiran adalah pertarungan yg tidak mengenal kata akhir. Bagaimana satu Masyarakat mampu bertahan pada eksistensinya. Ketika tolok ukur kemajuan dan modernitas ditentukan oleh satu Bangsa, satu Budaya bagi seluruh permukaan Bumi.

Revolusi Industri di Eropa, telah membawa peradaban manusia seakan menuju kehancuran, eksploitasi sumber daya alam nyaris melewati batas ketahanan alam itu sendiri. Bumi (sampai hari ini), menjadi tempat tunggal habitat kehidupan ras manusia. Ketika ras manusia menggunguli seluruh ras yang pernah ada. Tanggung jawab kelestarian dan keseimbangan bumi menjadi tanggung jawab sang pemenang.

Namun manusia dirasuki kerakusan nyaris tanpa batas, kebutuhan energi makin besar dari waktu ke waktu, pertambahan populasi tidak terkendali. Pada waktunya ras manusia akan saling memusnahkan untuk bertahan hidup, untuk air, untuk pangan, untuk kehidupan dasar. Kemewahan yg hari ini kita nikmati, boleh jadi akan menjadi catatan sejarah pada masa depan.

Sekelompok individu dengan perhatian khusus pada Tata Kehidupan yg selaras dengan alam, hidup dalam harmoni antar dan inter makhluk diatas bumi ini. Mempromosikan cara hidup selaras (dengan Alam), menghindari eksploitasi bumi dan isinya, agar tidak melewati ambang batas.

Categories:

Tags: /