Apa Makna Selaras

Perjalanan menemukan Jati Diri wong nKalongan,barangkali masih akan sangat panjang. Kini, bagaimanakah rumusan yang tepat cara hidup agar selaras dengan Alam. Bagaimana mengimplementasikan prinsip keselarasan dengan alam, pada kehidupan sehari-hari.

Saya masih mengendarai kendaraan bermesin kemana-mana, Minum 2 liter air bersih per hari, mandi dua kali sehari, merawat sumber air, menanam pohon, ngopi 4-8 cup per hari, merokok 10-20 batang per hari. Mengumpulkan dan membakar sampah, menimbun kedalam tanah. Tiga tahun lalu, ganti mobil tiap 3 tahun. Kali ini mobil sudah dipakai 6 tahun dan mulai gelisah. Membatasi jumlah pakaian, th 2019 saya hampir tidak membeli pakaian baru, bahkan di hari lebaran. 3 pasang sepatu bertahan selama dua tahun. Laptop buatan th 2012 dan masih saya pakai. PC buatan th 2015 dan masih saya rawat, henpon buatan th 2015 masih dipakai sampai hari ini.

bagaimanakah sebaiknya menjalani hidup ini, kepedulian saja tidaklah cukup. Dibutuhkan tindakan yang dijadikan kebiasaan untuk mempertahankan daya dukung bumi terhadap kehidupan manusia dan makhluk lain. Ini harus dimulai dari diri masing-masing. Saya tidak membuat barang-barang pendukung hidup, pabrik lah yg membuatnya. Pabrik secara kalkulasi ekonomi harus terus berproduksi, artinya akan terus mengkonsumsi energi, listrik dibangkitkan dengan batu-bara, dan batu-bara adalah bahan tambang yg pasti akan merusak bumi ketika ditambang. Listrik itu saja sudah cukup untuk mempercepat kerusakan bumi.

Apakah peradaban ini perlu, apakah kemajuan ini dibutuhkan. Saya bekerja keras untuk mengurangi pemakaian kertas dan plastik, tapi nyaris tidak mungkin hidup tanpa plastik dan kertas pada saat ini. Demi “kemajuan” kertas diproduksi, ketika manusia menyadari habisnya hutan adalah harga yg harus dibayar untuk pendidikan, manusia terperangah. Plastik mempermudah kehidupan manusia, sekaligus mencemari bumi.

Alangkah rumitnya manusia, segala tindakan atas nama perbaikan, peningkatan dan kemajuan senantiasa membawa akibat buruk dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

Categories:

Tags: /